Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian,kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervise akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program Supervisi secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.
Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia makaperlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencanakegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di sekolah.
Tujuan diadakannya supervisi antara lain:
- Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan sekolah.
- Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik.
- Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
- Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervise manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan sekolah yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah.
Ruang lingkup supervisi meliputi:
Supervisi Akademis :
- Pengembangan Silabus/ Perumusan Indikator
- Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
- Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
- Pelaksanaan Pembelajaran
- BK/Pengembangan Diri
Supervisi Internal Manajerial :
- Administrasi Tata Usaha
- Kurikulum
- Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
- Sarana/Prasarana
- Humas/Hubungan Industri
- Perpustakaan
- Koperasi sekolah/koperasi siswa
- Lingkungan/budaya sekolah
Instrumen supervisi Kurikulum 2006 Terdiri Dari:
- Instrumen Penilaian Silabus
- Instrumen Penilaian RPP
- Instrumen supervisi kegiatan pembelajaran
- Instrumen Monitoring Administrasi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK
- Instrumen Monitoring Administrasi Khusus Guru BK SD/SMP/SMA/SMK
Sebagai bahan administrasi di bawah ini link download materinya.
Link Download Format Supervisi Kurikulum 2006
Instrumen supervisi Kurikulum 2013 Terdiri Dari:
- Instrumen Supervisi RPP
- Instrumen supervisi kegiatan pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK
- Instrumen Monitoring Administrasi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK
- Instrumen Monitoring Administrasi Khusus Guru BK SMP/SMA/SMK
Link Download Format Supervisi Kurikulum 2013
Belum ada tanggapan untuk "Instrumen Supervisi Kepala Sekolah SD-SMP-SMA-SMK "
Posting Komentar